Kamis, 24 Desember 2015

SOAL UAS Interaksi Manusia dan Komputer



Pembuatan soal UAS Interaksi Manusia dan Komputer


TUGAS
Nama : Muhammad Yusup
NIM : 1343190010
Teknik Informatika D3

1.      Dibawah ini merupakan bagian dari program aplikasi adalah :
            a. Bagian desain                                  d. Bagian Syntax
            b. Bagian Program                              e. Bagian Antarmuka*
            c. Bagian Listing
2.      Yang termasuk Media antarmuka manusia dan komputer  adalah :
            a. Media GUI *                                  d. Media Tekstur
            b. Media Window                               e. Media Gambar
            c. Media Konvensional
3.      Program yang biasa dipakai oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugas, misalnya   membuat dokumen, manipulasi photo dan membuat laporan disebut  :
            a. Piranti bantu mesin 
            b. Piranti bantu aplikasi*
            c. Piranti bantu hardware
            d. Piranti bantu brainware
            e. Piranti bantu user interface
4.      Software yang biasa dipakai oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugasnya disebut :
            a. Application Software*     
            b. System Software                 
            c. Operational Software
            d. Interaction Software
            e. Organitation Software
5.      Yang merupakan karakteristik ragam dialog adalah :
            a. Inisiatif                                            d. Kompleksitas
            b. Keluwesan                                      e. Kekuatan
            c. Konsistensi *
6.      Ragam dialog yang dikemas sejumlah perintah ke dalam suatu bentuk berkas berupa batch file adalah :
            a. Command Line Dialogue
            b. Programming Language Dialogue *
            c. Natural Language Interface
            d. Form Filling Dialogue
            e. Windowing System


7.      Penyajian langsung aktifitas kepada pengguna (user) sehingga aktifitas akan dikerjakan oleh komputer ketika pengguna memberikan instruksi langsung yang ada pada layar komputer merupakan pengertian :
a. Non Homogen                          d.  Jendela TTY
b. Manipulasi Data                       e.  Windows
c. Manipulasi Langsung *

8.       Yang merupakan ragam dialog dalam sistem menu adalah  
a. Sistem menu pilihan                 d. Sistem menu horizontal
b. Sistem menu window              e. Sistem menu vertical
c. Sistem menu datar*   

9.      User mendapatkan dampaknya dengan segera setelah melakukan suatu aksi, pada prinsip desain antar muka sering disebut :
a. Implied actions                         d. User Control          
b. Direct Manipulation*              e. Consistency
c. Explicit actions

10.  WYSIWYG dalam prinsip desain antar muka merupakan singkatan dari :
a.       What You See Is What You Get *
b.      Who You See Is What You Get
c.       What You See Is Where You Get
d.      Where You See Is What You Get
e.       Who You See Is Who You Get

11.  Salah satu Model Aplikasi dalam mendesain sebuah layout, adalah  :
a. Berbasis Web                          d. Berbasis GUI *     
b. Berbasis Aplikasi                     e. Berbasis Text
c. Berbasis Dokumen

12.  Bentuk sederhana dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang hanya berisi teks dan kurang menarik disebut :
a. Media GUI                   c. Media Grafik            e. Media Interaktif
b. User Interface              d. Media Tekstual*

13.  Untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman ketika berinteraksi dengan komputer ketika berhubungan dengan aspek fisik dapat diperoleh dengan mempelajari ilmu :
a. Ergonomik*                            d. Sosiologi
b. Psikologi                                  e. Linguistik
c. Antropologi
14.  Yang merupakan aspek perangkat lunak dari sistem komputer adalah
a. Operator                                   d. Operating System*
b. Hardisk                                               e. Random Acces Memory
c. Mouse


15.  Tanggapan subjektif pada cahaya disebut :
a. Luminas                                   d. Sudut Penglihatan
b. Kontras                                    e. Medan Penglihatan
c. Kecerahan *

16.  Pada aspek pendengaran, telinga manusia tidak akan mendengar suara dengan frekuensi :
a. Kurang dari 24 Db                   d. Kurang dari 20 dB*
b. Kurang dari 140 dB                 e. Kurang dari 20 bD
c. Kurang dari 20 Hertz

17.  Software harus mempunyai antarmuka yang user friendly merupakan salah satu ciri dari software yang baik, yaitu :
a. High Performance                    d. Reliability
b. Mudah digunakan*               e. Mobility
c. Penampilan yang baik
18.  Dialog yang menampilkan daftar sejumlah pilihan dalam jumlah terbatas disebut :
a. Antarmuka berbasis ikon          d. Sistem Menu *      
b. Antarmuka berbasis teks          e. Sistem Penjendelaan          
c. Antarmuka GUI

19.  Software AutoCAD merupakan salah satu contoh software penerapan manipulasi langsung dalam hal :
a. Kontrol Proses                                                  d. Window
b. Editor Teks                                                      e. Simulator
c. Perancangan Bentuk/model *

20.   Pesan peringatan yang muncul di layar ketika user akan menghapus sebuah file merupakan salah satu contoh prinsip–prinsip desain antarmuka yaitu :
a. Implied Actions                                                             d. User Control
b. Direct Manipulation*                                                e. Consistency
c. Feedback and Communication

21.  Tombol F1 sampai tombol F12 pada keyboard termasuk kedalam kelompok :
a.       Tombol Fungsi (function key)*
b.      Tombol Alphanumerik (alphanumeric key)
c.       Tombol Kontrol (control key)
d.      Tombol Numerik (numeric key)
e.       Tombol Nomor (Number key)

22.  Jumlah kerja yang dapat dilakukan oleh sistem untuk setiap perintah yang diberikan oleh pengguna merupakan sifat ragam dialog yaitu :
a. Inisiatif                                     d. Kekuatan *
b. Keluwesan                               e. Beban Informasi
c. Kompleksitas
23.  Sistem miniatur yang mencoba menirukan kerja suatu sistem yang berskala besar yang dilihat dari kacamata orang awam merupakan contoh penerapan dari manipulasi langsung, yaitu :
a. Kontrol Proses                                                  d. Window
b. Editor Teks                                                                  e. Simulator
c. Perancangan Bentuk/model*

24.  Tidak perlu waktu lama untuk belajar menggunakan software tersebut, merupakan salah satu ciri dari software yang baik, yaitu :
a. High Performance                                            d. Reliability
b. Mobility                                                           e. Mudah digunakan *
c. Penampilan yang baik

25.  Dibawah ini yang termasuk bagian dari program aplikasi adalah :
a. Bagian Desain                          d. Bagian Syntax
b. Bagian Program                       e. Bagian Antarmuka*
c. Bagian Listing

26.  Yang termasuk Media antarmuka manusia dan komputer adalah :
a. Media GUI*                            d. Media Tekstur
b. Media Window                        e. Media Gambar
c. Media Konvensional

27.  Dibawah ini adalah aspek-aspek dalam sistem komputer, kecuali :
a. Aspek Perangkat Keras            d. Aspek Hardware
b. Aspek Perangkat Lunak           e. Aspek User Interface
c. Aspek Manusia*

28.  Contoh antarmuka manusia dengan komputer berbentuk grafis menggunakan pemrograman visual adalah :
a. Pascal                                                   d. Visual Basic*
b. Pemrograman C++                               e. c dan d benar
c. COBOL

29.  Pada dasarnya seluruh warna yang ada bermula dari primer, yang disebut dengan warna primer adalah :
a. Merah,Hijau, Hitam                 d. Hitam, Biru, merah
b. Merah, Hijau, Biru*              e. Putih, Hitam, Hijau
c. Putih, Hitam, Merah

30.  Bidang ilmu yang berhubungan dengan pengukuran tubuh manusia disebut :
a.       Antropometrik*            
b.      Pencahayaan                   
c.       Suhu dan Kualitas Udara
d.      Gangguan Suara
e.       Kebiasaan dalam Bekerja

31.  Merupakan segala bentuk kegiatan pembelian dan penjualan, pemasaran produk, jasa dan informasi yang  dilakukan secara elektronis disebut :
a. Bisnis                                                    d. E- business *
b. Intranet                                                e. E- Commerce
c. Internet

32.  Pemrograman grafis pada sistem operasi Windows selalu  menggunakan antar muka yang disebut
a.       IGD (Interface Graphics Device)
b.      DGI (Device Graphics Interface)
c.       GDI (Graphics Device Interface) *
d.      IDG (Interface Device Graphics)
e.       Salah Semua

33.  Kita dapat mempunyai email secara gratis dari,kecuali :
a. Hotmail.com                                         d. Plasa.com
b. Bloger.com*                                        e. Gmail.com
c. Yahoo.co.id

34.  Keuntungan menjadi anggota Mailling List, kecuali :
a.       Dapat Bertanya suatu hal
b.      Memberikan saran atas pertanyaan        
c.       Memberikan suatu informasi
d.      Dapat bertukar informasi
e.       Mendapatkan website gratis  *
                                                    
35.  Beberapa ISP di Indonesia  adalah :
a.Telkom *                                  d. WasantaraNET
b. INDO.NET,                 e. Semua benar
c. IndosatNET

36.  Tombol radio terdiri dari dua bagian, yaitu :
a.       Tombol Scrollbar dan Tombol Menu*
b.      Tombol pengendali dan Label sebagai atribut tombol
c.       Tombol button dan Tombol Scrollbar
d.      Tombol pengendali an Tombol Menu
e.       Tombol Label dan Tombol Scrollbar

37.  Melakukan konfirmasi ketika user ingin menghapus datanya atau melakukan aktivitas yang akan menimbulkan resiko adalah :
a. Preferences Window                d. Authentication Alerts
b. Property Window                    e. Save Authentication Alerts
c. Confirmation Alerts*

38.  Beberapa keuntungan penggunaan intranet bagi suatu  organisasi atau perusahaan antara lain, kecuali :
a.       Produktifitas kerja
b.      Efisiensi waktu
c.       Mahalnya biaya yang dikeluarkan *
d.      Meningkatkan kerjasama
e.       Dapat berbagi informasi

39.  Dimana konsumen akhir bertindak sebagai penjual  sedangkan perusahaan bertindak sebagai pembeli dan  aktivitas ini dilakukan secara elektronis, disebut :
a.       Business to Business (B2B)
b.      Business to Consumer (B2C) *
c.       Consumer to Consumer (C2C)
d.      Consumer to Business (C2B
e.       Business Business Consumer (BBC)

40.   Sebuah situs yang menawarkan hubungan kepada  konsumen ke web lain dan atas jasa ini web yang menghubungkan ke web lain akan mendapatkan komisi, disebut :
a. Agen Pembelanjaan                              d. M-Commerce
b. Penjual Bersindikat                              e. E-Commerce*
c. Makelar Bisnis ke Bisnis  



1 komentar: